Tabuh Okokan Sambut Delegasi IMF-WB di Tanah Lot

Saturday, 13 October 2018

blog1

Meski hanya 40 menit, ratusan delegasi IMF-World Bank tampaknya sangat terkesan dengan keindahan panorama DTW Tanah Lot, Rabu (10/10). Mereka disambut tabuh Okokan yang juga kesenian khas Tabanan, serta disuguhi jaje Bali salah satunya klepon khas Tanah Lot di wantilan Pura Luhur Tanah Lot.
 
Dibagi dalam dua sesi kunjungan, rombongan pertama sebanyak tiga bus tiba pukul 10.15 wita. Dilanjutkan kunjungan kedua sebanyak empat bus tiba pukul 14.30 wita. Kedatangan rombongan delegasi ini juga mendapat atensi pengamanan dari jajaran Polres Tabanan dan Kodim 1619/Tabanan.
 
Usai disambut dengan Okokan, rombongan delegasi kemudian diarahkan ke wantilan Pura Luhur Tanah Lot sebelum menikmati objek wisata tersebut. Memanfaatkan momen yang baik ini, sejumlah UKM pun dihadirkan untuk bisa mempromosikan produk asli Tabanan yang disajikan oleh Perusahaan Daerah Darma Santika (PDDS) dengan beragam produk olahan makanan dan kopi asli Bali, serta Prabu Kreasi dengan kerajinan pakaian adat Bali.
 
Manajer DTW Tanah Lot, I Ketut Toya Adnyana, bersama Kepala Dinas Pariwisata I Made Yasa di sela-sela kunjungan para delegasi tersebut mengatakan, sejumlah persiapan telah dilakukan khususnya dalam hal menjaga kebersihan areal objek wisata. “Sudah sejak jauh hari, kami persiapan untuk kunjungan delegasi ini tentunya berkoordinasi dengan dinas terkait di provinsi ataupun di kabupaten, yakni terkait pengamanan dan kebersihan,” ucapnya. Selama kunjungan para delegasi ini, lanjut Toya, kunjungan untuk umum juga tetap dibuka.
 
Di sisi lain, Kepala Dinas Pariwisata Tabanan, I Made Yasa, mengatakan, selain agenda kunjungan resmi dua ratus delegasi tersebut, sebelumnya hari Minggu (7/10), sejumlah delegasi juga sudah berkunjung ke Tanah Lot untuk memanfaatkan waktu luang.
 
Sementara itu, salah seorang delegasi asal Honduras, Juliet, saat dikonfirmasi mengaku sangat terkesan dengan keindahan panorama Tanah Lot. Tak hanya pantainya yang indah, kemegahan Pura Tanah Lot juga menambah keindahan tersendiri yang memaksanya untuk mengabadikan momen kunjungan singkatnya ini lewat kamera yang dibawanya. Dan yang tidak dilupakannya juga, cita rasa sajian jajanan Bali yang disuguhkan. “Sangat luar biasa, saya mau datang lagi ke Bali lain kali,” ucapnya. Tak hanya objek wisata yang luar biasa, keramahan orang Bali juga sangat diapresiasi oleh sejumlah delegasi. Inilah yang membuat mereka merasa sangat senang mendapatkan kesempatan berkunjung ke Bali. Usai mengunjungi Tanah Lot, sesuai agenda para rombongan delegasi selanjutnya menuju ke objek wisata lain seperti ke Taman Ayun, Mengwi Badung.
 
Seperti diketahui agenda Pertemuan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia, di Nusa Dua Bali diharapkan bisa menjadi ajang promosi, apalagi para delegasi berikut keluarga besarnya juga dijadwalkan berkunjung ke sejumlah objek wisata. Salah satunya di DTW Tanah Lot.

Recent Post