Pujawali di Pura Luhur Tanah Lot Dipenuhi Pemedek

Thursday, 23 June 2022

blog1

Pujawali di Pura Luhur Tanah Lot, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan dipenuhi pemedek, Rabu (22/6). Piodalan di Pura yang berada di bongkahan batu karang tersebut berlangsung hingga Sabtu mendatang tanggal 25 Juni 2022. Sementara itu, antrean pemedek terlihat mulai sejak Rabu pagi. Antrean kendaraan roda dua dan empat perlahan memasuki areal parkir Daya Tarik Wisata Tanah Lot.

Pengaturan kendaraan oleh petugas parkir terus dilakukan sehingga tidak sampai terjadi kemacetan. Menjelang sore, selain para pemedek, wisatawan domestik maupun asing semakin  banyak berdatangan. “Momen upacara piodalan di Pura Tanah Lot menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung,” jelas Manajer DTW Tanah Lot I Wayan Sudiana.  

Disebutkannya, banyak wisatawan yang sengaja datang agar bisa melihat secara langsung upacara piodalan di Pura Luhur Tanah Lot. “Wisatawan sangat antusias melihat langsung prosesi keagamaan di DTW Tanah Lot,” tambahnya.

Sementara satu hari sebelumnya, atau Selasa (21/6) dilaksanakan upacara “Ngebejian Ida Bethara” di Beji Kaler Pura Luhur Tanah Lot. Upacara itu dilaksanakan pukul 16.00 WITA, dengan tujuan untuk menyucikan atau membersihkan semua “pratima” (benda sakral) yang akan dipakai dalam piodalan besoknya dengan air suci dari Beji (sumber air suci) di Pura Luhur Tanah Lot.

Recent Post